//
you're reading...
Uncategorized

Serangga Tomcat yang menyebabkan Herpes

ane tertarik untuk menyelidikinya, apa itu TOMCAT..
cari di google, ada yang nulis di blognya, ane copas dari beliau:

Quote:
Tomcat, Serangga Penyebab Herpes 

Tomcat dan Dampa (Herpes). Keduanya baru saya kenal ketika kuliah di Solo. Lho kok blog ini mbahas hewan dan penyakit? Saya pernah sehabis perjalanan jauh dengan motor lalu sampai rumah terasa terkena penyakit ini.


Suatu pagi di tahun 2000, bangun tidur saya merasakan sakit di lengan kiri saya. Ada bercak merah memanjang dan terasa seperti luka bakar. Siangnya ketika di kampus, bercak merah itu menggelembung seperti ada airnya.

Salah satu teman saya ternyata pernah mengalaminya. Di lalu berkata:

“Kena dampa kuwi, nyenggol tomcat palingan.”

Tomcat? Apa pula itu.

“Tomcat kuwi kewan kaya semut, lancip tapi warnane selang-seling oranye ireng. Sing marahi dampa ki jetahe.”

Saya percaya saja namun dalam hati setengah tidak percaya, masa hewan kayak gitu getahnya bisa membawa penyakit yang merepotkan. Teman saya itu juga memberi tips obat apa yang harus dibeli.

Saya kemudian memang menemukan binatang tersebut dan langsung membunuhnya dengan alas. Tapi tetap belum percaya.

Sampai akhirnya ketika mencari nama-nama kumbang di situs luar negeri saya menemukan Rove beetle. Rupanya seperti tomcat. Ketika searching lewat google dengan keyword ”rove beetle” malah menemukan fakta bahwa binatang ini memang penyebab herpes. Penjelasannya bisa dibaca di sini. Dan memang penyebab penyakitnya buak dari gigitan atau sengatan namun dari cairan yang menempel di tubuhnya yang katanya lebih beracun daripada bisa ular.

Hewan ini bisa hidup di alam bebas. Makanya jangan kaget ketika pulang ke rumah setelah naik motor, lalu terasa ada gejala dampa/ herpes, barangkali sempat di temploki serangga ini.

Eh kalo kena dampa/herpes, saya beli salep ini:

Semoga bermanfaat.

Sumbernya:
http://maskurblog.wordpress.com/2011…nyebab-herpes/

Lebih jelas mengenai Tomcat
Sumber yang lain lagi dari blog orang lain (diedit seperlunya):

Quote:
Nama Hewan ini adalah KUMBANG ROVE. Kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. Kumbang ini mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras.
Biasanya, kumbang ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. Apabila diganggu kumbang ini akan menaikkan bahagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakutkan
musuh.
Nama Am: Kumbang Rove
Nama Saintifik : Class : Insecta
Order : Coleoptera
Family : Staphylinidae
Species : Paederus fuscipes Curtis
Nama Tempatan: Semut Semai, Semut Kayap, Charlie etc.

Tomcat otomatis akan mengeluarkan cairan (Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) kumbang ini mengandungi racun sentuhan hewan yang paling berbisa di dunia. Toksin ini dikenali sebagai ‘paederin’ (C24 H43 O9 N) dinamakan dalam tahun 1953. Cairan ini disinyalir 12x lebih mematikan dari bisa ular kobra).
apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.kalo nemu hewan ini jangan d pencet karena cairannya akan menyebar lebih baik di ambil trus di bungkus plastik trus kadoin ke teman aja..*becanda*
Jika ruam terjadi setelah terjadi kontak dengan kumbang ini:
1. Jika anda bersentuhan dengan kumbang ini, segera cuci bagian yang terkena dengan sabun dan air.
2. Mereka yang mengalami reaksi kulit yang parah (kayak gw) hendaklah mendapat perawatan medis.
3. Bagi penderita yg mengalami perbanyakan ruam, pastikan tiada lagi serangga ini di
tempat tidur dan tutup semua jendela ketika menjelang malam.
4. Bahan antiseptik seperti larutan potassium permanganate (KMnO4) boleh digunakan untuk mencuci.
5. Bahan antiseptik dicampur dengan krim steroid dengan kekuatan rendah
dapat mengurangi luka yg telah pecah.
6. Terakhir,jangan sampai luka yg masih basah terkena sinar matahari,karena dapat menyyebabkan bekas hitam yang sulit di hilangkan.
memang akan terasa panas dan gatal tapi dihimbau jangan pernah di garuk atau ditaburi bedak karena makin akan menimbulkan infeksi sekunder. untuk itu disarankan untuk kita mengkonsumsi antivirus oral atau topikal.
setelah lukanya kering akan muncul garis hitam pada bagian tubuh terlebih pada wajah jangan panik. karena bekas serangga ini tidak akan menimbulkan efek bopeng tapi kita harus sabar.karena untuk pemulihan dibutuhkan waktu kurang dari satu tahun. *apa satu tahun.?OMG*
untuk pemulihan segera ajah ke dokter kecantikan ato dokter kulit.oya kalo sudah ada tanda tanda terinfeksi sebaiknya ke dokter kurang lebih dalam waktu 3×24 jam karna pada waktu itu virusnya mulai menyebar.
oya hewan lucu ini sangat suka dengan tempat terang, so usahakan kalo malam lampunya dimatikan ajah *kalo mau tidur*

sumbernya:
http://”http://twulandr.blogspot.com…-merubah.html”

Spoiler for korban terkena tomcat

kalo di luar negeri udah ada ‘trap’nya mungkin di Indonesia boleh juga kalo ada yang mo bikin:

Spoiler for he3
saleh deh.. itu nama merk lem penangkap semut he3…

Discussion

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Herpes Genitalis « LEMBARAN HITAM - March 19, 2012

%d bloggers like this: