//
you're reading...
Uncategorized

[Internet Service & Networking] Tips Menghemat Kuota Internet

Udah lama ga ngetrid, nah bagi sobat PK berikut ane punya tips buat menghemat kuota pemaian koneksi internet…

Kadang kita dipusingkan dengan pemakaian koneksi internet kita yang melebihi kuota volume sebelum masa aktif suatu kartu habis . Atau kita pernah mengalami tagihan pulsa/telpon yang membengkak akibat jumlah pemakaian kilobyte yang tak terkontrol

Dibawah ini Beberapa tips dan trik yang dapat kita coba agar pemakaian kuota atau volume data kita lebih hemat antara lain
:

1. Mematikan fasilitas yang tidak terlalu dibutuhkan pada browser seperti gambar, pop-up and flash. Ini juga berguna untuk mempercepat waktu loading sebuah situs.

2. Pastikan komputer kita bebas virus, worm, trojan atau spyware karena mereka sering melakukan transfer data tanpa kita sadari.

3. Mematikan automatic update yag bekerja pada komputer seperti windows update, antivirus update dan lainnya. Sebaiknya update diatur pada waktu tertentu saja atau dilakukan secara manual.

4. Hindari membuka sebuah halaman situs terlalu lama. Sebaiknya Anda menyimpan halaman tersebut agar dapat dibaca secara offline.

5. Berlangganan RSS situs favorit via feed atau email. Dengan fasilitas ini, kita dapat mengetahui update dari situs tersebut tanpa harus mengunjunginya.

6. Memakai alamat email yang berfasilitas POP3 sehingga kita dapat mengirim dan menerima email tanpa harus berkunjung ke situsnya.

7. Hindari aktifitas yang jelas-jelas banyak memakan bandwidth seperti mendownload, melakukan update, video dan audio streaming dan sebagainya. Aktifitas ini sebaiknya dilakukan pada koneksi berbasis waktu.

Terkadang kita sering berurusan dengan jahatnya internet kuota.
kuota 1 gb, kuota 500 mb, kuota 100 mb, hingga kuota 10 mb
bila kuota lewat, densus pun datang
maka jangan lah membuat harapan dari hati yang paling dalam
untuk mendapatkan berkah, kenyamanan, ketenangan, dan kebersahajaan
sebelum Anda mengeluarkan uang, baik untuk tambah kuota, ganti kuota atau apapun istilahnya.

Berikut ini akan Ane jelaskan sedikit cara yang lumayan ampuh untuk
menghindari terkurasnya Kuota

Cara 1
Gunakan Browser Opera dengan menyalakan opsi Opera Turbo

Browsernya dapat di download (http://www.opera.com/)
untuk mengaktifkan opera turbo, cukup klik icon kecil yang berbentuk spedometer di bagian kiri bawah browser opera

Cara 2
Bagi yang kurang familiar dengan browser opera, Agan bisa tetap memakai browser lain, disini Ane mencoba memakai Mozilla Firefox link

hilangkanlah iklan
kenapa iklan harus di hilangkan?
karena bagian inilah yang sebenarnya dapat menghabiskan kuota, mulai dari pop up, banner, Skycrapers, link adfly, atau apapun namanya.

namun, bila dibahas lebih mendalam, sebenarnya ini adalah hal yang lumayan sensitif,
terutama bagi para para blogger yang berusaha mendapat benefit
dari iklan yang terdapat di dalam blog nya yang telah dibuat dengan susah payah
oleh karena itu, Ane telah menekankan di dalam judul thread yang Ane buat

Langkah pertamax (Menghilangkan iklan)

1. Download addons Adblock Plus untuk mozilla link

2. restart Firefox setelah instalasi

3. Konfigurasi kan addblock dengan shortcut ctrl+shift+a > extensions > adblock > options

4. Menu Filter > Add filter subscription

5. Pilih Easy List (English) lalu ulangi lagi cara ke 4 dan pilih lagi Fanboy’s List (English)

Langkah keduaxx (Skip Link Iklan Otomatis)

1. Install addons Greasemonkey untuk mozillalink

2. restart Firefox setelah instalasi

3. Install lagi Script Link Skipper untuk Greasemonkeylink

Langkah ketigaxx (Hanya Membuka Bagian Yang Dibutuhkan)

Bila Anda browsing mencari sebuah artikel atau tulisan,
Anda dapat mencoba trik “go and stop”

1. Buka link yang di inginkan

2. Setelah link terbuka dan tulisan (text) artikel sudah tertampil, segera tekan esc di keyboard atau stop loading

3. dengan ini Anda sudah menghemat bandwith dengan tidak membuka bagian bagian yang tidak perlu dari sebuah halaman web

Tambahan
Untuk Browser Google Chrome Agan Agan juga dapat menginstall Addblock dengan cara yang tidak berbeda jauh dengan firefox

Download Addblock untuk Google Chrome link

==================== SEMOGA BERMANFAAT ==================

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: